animasi bergerak gif

Sabtu, 07 Maret 2015

Teks Mereview Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Hai para pembaca blog semuanyaa..  
Senang sekali saya menyapa para pembaca, saya akan memberikan sedikit informasi cara mereview film semoga ini bisa membantu kalian untuk menunjang tugas kalian.. 

Struktur Teks Kebahasaan Dari Teks Mereview Film

Strukturnya terdiri atas :
  • Orientasi
  • Tafsiran Isi
  • Evaluasi
  • Rangkuman

Berikut ini adalah contoh teks mereview film :


KETIKA CINTA BERHULU IMAN DAN MENGALIR KEIKHLASAN





1. Tahapan Orientasi


Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck atau TKVDW ini merupakan film yang diadaptasi dari roman karya Buya Hamka yang diangkat ke layar lebar. Film TKVDW ini dibintangi oleh Pevita Pearce sebagai Hayati, Herjunot Ali sebagai Zainuddin, Reza Rahardian sebagai Aziz serta yang lainnya. Film ini dirilis pada tanggal 19 Desember 2013. Dengan biaya produksi yang tinggi, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck menjadi film termahal yang pernah diproduksi oleh Soraya Intercine Films. Film ini disutradarai oleh Sunil Soraya. Di Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini kita disuguhkan rangkaian kata-kata indah dari Buya Hamka yang bisa kita nikmati melalui karakter Hayati dan Zainuddin. Dalam Film ini penulis mencoba mengamati permasalahan adat dalam novel yang ditulis oleh Hamka. Novel tersebut penulis pilih karena suasana yang didominasi oleh latar belakang Minangkabau.

    2. Tahapan Tafsiran Isi

Zainuddin merupakan seorang anak keturunan Minangkabau. Ia sudah yatim piatu karena kedua orang tuanya sudah meninggal sewaktu ia masih kecil. Sebagai keturunan Minangkabau, Zainuddin ingin sekali pergi ke kampung halamannya tempat ayahnya besar dan lahir. Keinginan Zainuddin ini pun tercapai setelah orang tua angkat dia di Mengkasar yakni Mak Base mengabulkan permintaannya. Berlatar belakang tahun 1930-an, dari tanah kelahirannya Zainuddin pun berlayar menuju kampung halaman di Batipuh, Padang Panjang. Disanalah ia bertemu dengan gadis cantik jelita yang bernama Hayati. Kedua muda-mudi pun jatuh cinta. Zainuddin hanya seorang lelaki yang melarat dan juga tak bersuku, sedangkan Hayati adalah seorang perempuan yang santun keturunan bangsawan dan juga keturunan minang. 




Pada akhir lamarannya Zainuddin pun ditolak, Hayati pun dipaksa menikah dengan Aziz daripada Zainuddin. Zainuddin memutuskan untuk berjuang demi bangkit melawan keterpurukan cintanya. Zainuddin berusaha dengan sekuat tenaga untuk membuka lembaran baru. Dan sampai akhirnya ia menjadi penulis yang terkenal dan diterima oleh masyarakat seluruh nusantara.

Peristiwa yang tak terduga itu pun menghampiri Zainuddin. Pada saat pertunjukkan opera berlangsung Zainuddin pun bertemu dengan Hayati. Kali ini dia bersama dengan Suaminya yang bernama Aziz. Pada akhir cintanya Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberat yaitu kapal yang ditumpangi oleh Hayati tenggelam. Kabar Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck  ini terdengar sampai ke Zainuddin. Zainuddin pun lamgsung bergegas ke rumah sakit, namun sayang nyawa Hayati tidak dapat di selamatkan. 




Di bawah Lindungan Ka'bah merupakan film drama romantis Indonesia yang dirilis pada tahun 2011 dan juga disutradarai oleh Hanny R Saputra. Dibintangi oleh Herjunot Ali sebagai Hamid, Laudya Cynthia Bella sebagai Zainab. Film ini bergenre dan mempunyai kesamaan tema dengan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Berlatar belakang Minangkabau di Sumatera Barat. Di Bawah Lindungan Ka'bah ini menceritakan tentang seorang pemuda yang memiliki kesetiaan dan pengorbanan akan cintanya. Dan ia lahir dari keluarga yang tidak mampu dan hanya dibesarkan oleh ibunya. Dalam Lindungan Ka'bah ini memiliki kemiripan pada film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yaitu seorang lelaki yang bernama Zainuddin yang merupakan seorang anak minangkabau yang melarat dan tidak bersuku mencintai seorang gadis cantik jelita yang bernama Hayati. 


  3. Tahapan Evaluasi


Dalam Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck ini media special effect yaitu kapalnya kesannya terlalu di paksakan dan kurang begitu jelas penyebab kapal itu tenggelam. Seperti yang kita lihat di salah satu film Titanic tenggelamnya kapal Titanic itu disebabkan oleh kapal itu menabrak karang. Akan tetapi di film (TKVDW) tidak terdapat penyebabnya hanya kapal itu seolah dipaksa tenggelam saja. Dan juga saya melihat dialog surat menyurat di film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck itu kurang begitu menarik terlihat sekali seolah tidak ada cara lain untuk menyampaikan surat menyuratnya tersebut. Selain itu, terdapat salah satu adegan yang menarik yang membuat seakan-akan para penonton itu bercucuran air mata terutama bagi penonton perempuan yaitu diantaranya kalimat-kalimat yang tertuang dalam surat menyurat dengan menggunakan bahasa melayu ala Buya Hamka.


4. Rangkuman

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini merebut hati para penonton dari kepopuleran pemainnya serta juga  dari segi dialognya. Seakan-akan penonton itu terbawa alunan ceritanya sehingga membuat para penonton berlinang air mata. Dialognya berisikan puitis-puitis dari Buya Hamka dan juga bisa dijadikan penghibur bagi penontonnya. 

-Dikutip dari berbagai sumber-

   " JIKA CINTA TERHALANG OLEH RESTU ADAT MAKA GAPAILAH CINTA ITU  DENGAN RESTU ILAHI " 




Semoga tulisan ini bermanfaat :) 
Barakallahu Fiikum~

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh







21 komentar:

  1. Assalamu'alaykum
    Rata2 bagus

    Tapi bagian bagian review nya ga perlu ditulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam
      okeoke :)
      Jazakallah Khairan Katsiran atas komentarnyaa.

      Hapus
  2. Sudah bagus diseluruh bagian. Tapi perlu ditingkatkan lagi ya agar lebih baik:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipdeh..
      syukron katsir yaa vad atas komentarnyaa ;)

      Hapus
  3. Assalamualaikum. Sudah cukup jelas dan rapi. Namun identitas fisik film belum terlalu lengkap. Mungkin itu ajaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam..
      okeoke :) Syukron katsir atas komentarnyaa yaa rayhan hehe..

      Hapus
  4. Assalamualaikum. Sudah cukup jelas dan rapi. Namun identitas fisik film belum terlalu lengkap. Mungkin itu ajaa

    BalasHapus
  5. asallamualaikum bagus zull. punya kalah punya gua dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam..
      Syukron katsir atas komentarnya nih sal..
      Punya isal juga bagus kok hehe..

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum... secara keseluruhan bagus zul. ceritanya jelas...cemungudd

    BalasHapus
  7. Wa'alaykumussalam pepe..
    Hehe jazakallah khairan katsir yaa pe ;)
    Yoii cemungudd juga buat pepe..

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum... Weh Ceritanya padat, dan jelas. Sampe urutan teks reviewnya ikutan ditulis juga, wkwk..
    Desain nya menarik, membuat pembaca gk cepet bosen. Kerapihan gk usah ditanya lagi.
    Tambahin terus isi blognya Zul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam..
      Hehe agar lebih lengkap saja itu. Alhamdulillah kalau sudah menarik.
      Okee kal nanti ditambahin lagi. Jazakallahu Khairan Katsir ya kal hehe..

      Hapus
  9. Subhanallah sudah bagus zulfa, paling suka kutipan akhirnya yang pas banget sama cerita cerita atasnya.

    BalasHapus
  10. Udah bagus zull, rapih, strukturnya juga jelas :)

    BalasHapus
  11. Bagus nih zul, gak ngerti lagi dah, kutipan di akhir nambah keren nih post ^.^ sukses terus

    BalasHapus
  12. assalamualaikum cupcake:) ceritanya bagus zul dan disusun dengan rapi

    BalasHapus
  13. assalamualaikum zulfa:) sudah rapi dan bagus sekali. bahasanya sangat jelas dan mudah dipahami serta improvisasi di awal jg bahasanya sangat mengajak org untuk membaca. syukron:)

    BalasHapus